22 Juni 2009

Internet Marketing : Membuat Surat Penjualan Yang Menarik

Surat penjualan adalah sebuah komponen utama dalam melakukan bisnis marketing. Surat penjualan akan berisi berbagai macam propaganda mengenai kualitas sebuah produk yang diharapkan dapat mempengaruhi pembaca untuk mengambil keputusan pembelian. Kita harus mengetahui bahwa saat ini media yang paling baik digunakan untuk mempengaruhi seorang pengunjung internet untuk melakukan pembelian adalah media tulisan.

Website/blog apapun selalu menyuguhkan informasi dalam bentuk tulisan. Materi tulisan tersebut lebih mudah dapat diakses oleh siapapun dengan berbagai macam kecepatan koneksi internet, dibandingkan dengan media video dan audio karena media kedua tersebut memiliki kelemahan yaitu, tidak semua orang yang mengaksesnya dapat menikmati materi yang disajikan dengan baik, masing-masing pengguna internet memiliki kecepatan akses yang berbeda-beda. Hal ini membuat media tulisan lebih banyak digunakan untuk melakukan usaha propaganda dari sebuah bisnis online.

Surat penjualan biasanya ditampilkan pada awal website, seperti pada contoh website promosi24jam.com. Ketika kita membuka website itu, maka pada awal tampilan kita akan mendapatkan deretan tulisan propganda yang menggunakan berbagai macam variasi visual. Itulah yang disebut dengan surat penjualan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan membuat sebuah surat penjualan. Ingat, jika pembaca tidak menyukai tulisan kita, maka mereka akan segera menutup halaman website/blog kita dan berpindah untuk membuka website/blog yang lain. Kita harus semaksimal mungkin membuat surat penjualan yang menghipnotis, sehingga para pembaca tersebut dapat menikmati apa yang kita tulis kalimat demi kalimat.

Tujuan awal dalam membuat surat penjualan adalah mempertahankan pembaca agar mereka tetap melanjutkan membaca dan tidak berpindah ke webiste/blog lain. Setelah mereka sadar akan kebutuhan tersebut, ternyata tugas belumlah selesai, kita harus berusaha menimbulkan keinginan dalam hati dan pikiran mereka, sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk kita.

Terdapat beberapa tip dan trik yang dapat kita manfaatkan ketika menyusun surat penjualan, yaitu :
  1. Awali kalimat dengan kata-kata yang sensasional. Maksudnya sensasional adalah kata-kata yang dapat menarik minat hampir semua orang untuk melihat ke arah tersebut. Untuk itulah akan jauh lebih baik ketika kita menyusun surat penjualan kita mengawalinya dengan kata-kata yang sensasional seperti : "Gratis","Telah Ditemukan","Akhirnya","Baru","Pengumuman","Penting",dll.
  2. Kumpulkan para pembaca Anda. Ketika mempromosikan alamat website, sebenarnya kita tidak mengetahui dengan pasti apakah pada akhirnya orang yang membuka website/blog kita adalah sesuai dengan target pasar atau tidak. Ada begitu banyak orang yang mengakses internet setiap harinya dan pada prinsionya akan jauh lebih efektif jika membidik salah satu komunitas dari pasar yang sangat luas tersebut. Maka sebaiknya kita mengumpulkan pembaca dengan sebutan khusus, misalnya : "Bagi Para Wanita yang Peduli Masa Depan","Para Wanita yang Menyambut Kehamilan Pertama","Para Karyawan yang Ingin Mendapatkan Tambahan Penghasilan","Para Pelajar","Para Pengguna Internet","Para Pria yang Mendambakan Cinta Sejati",dll.
  3. Janjikan Manfaat. Dalam menjual produk, kita harus pandai-pandai untuk mengolah kata-kata yang menawarkan sebuah manfaat yang sangat berarti bagi pembaca. Contoh kata-kata yang menjanjikan manfaat sebagai berikut : "Sembuh Tanpa Operasi","Melahirkan Tanpa Rasa Sakit","Kuliah Tanpa Biaya","Mendapatkan Pekerjaan yang Anda Dambakan Dalam 2 Hari","Harga Kaki Lima, Mutu Bintang Lima",dll.
  4. Tawarkan Sesuatu Secara Gratis. Hampir semua orang menyukai segala sesuatu yang bersifat gratis. Para pengunjung internet juga menyukai segala hal yang gratis. Kita bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat mereka bertahan lama di blog/website kita. Gratis yang dimaksud adalah benar-benar gratis, bukan merupakan suatu tipuan atau jebakan.
  5. Buat Pertanyaan yang Menggoda. Pertanyaan selalu berkaitan dengan solusi yang diharapkan. Contohnya : "Bagaimana Melumpuhkan Wanita Pujaan Hati Anda ?","Bagaimana Cara Menjebol Password ?","Apa 7 Rahasia Sukses Belajar Bahasa Inggris ?","Bagaimana Melahirkan Tanpa Rasa Sakit ?","Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Instan dari Komputer ?"
Bersambung......

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO