06 Juni 2009

Beberapa Kelebihan Bisnis Online

Melihat begitu banyaknya pemain yang terjun dalam bisnis online tentunya dimotivasi oleh sesuatu yang menarik, yaitu berupa kelebihan dan keuntungannya. Beberapa hal yang menjadi kelebihan bisnis online, jika dibandingkan dengan bisnis yang umum (konvensional/pasar nyata) adalah sebagai berikut :
  1. Pasar Yang Tidak Terbatas. Ketika memiliki sebuah blog/website, sesungguhnya blog/website tersebut dapat diakses oleh siapa pun dan dimana pun pada seluruh penjuru dunia. Dapat dikatakan bahwa siapa pun yang mampu memahami bahasa yang digunakan dan memiliki akses internet adalah pasar kita.
  2. Modal Yang Relatif Kecil. Untuk membuat sebuah toko virtual / online membutuhkan modal yang relatif kecil, sangat berbeda ketika membuat sebuah toko konvensional, dimana diperlukan bangunan toko yang bisa didapatkan dengan cara menyewa atau membeli. Semakin strategis sebuah lokasi, maka semakin mahal harganya.
  3. Bisnis Operasional Yang Rendah. Kita bisa memperhitungkan biaya operasional toko konvensional, yaitu biaya listrik, biaya gaji karyawan, biaya pajak usaha, biaya keamanan, biaya lembur, dll. itupun dengan asumsi toko beroperasi antara 14 - 16 jam, sehingga jika kita ingin menjalankan toko diatas jam tersebut, maka dibutuhkan biaya tambahan/extra. Coba bandingkan dengan toko online, biaya-biaya tersebut dapat diminimalkan. Toko dapat beroperasi selama 24 jam tanpa campur tangan dari kita. Inilah salah satu kelebihan bisnis online, yaitu memiliki kinerja operasi yang maksimal, tetapi biaya operasional yang dikeluarkan relatif kecil.
  4. Memiliki Sistem Pembayaran Online Yang Aman. Banyak orang ingin terjuan dalam bisnis online, karena saat ini bisnis online sudah didukung oleh sistem pembayaran internasional yang aman. Dapat menggunakan rekening salah satu bank terkenal di Indonesia, misalnya BCA atau Mandiri. Hanya dibutuhkan waktu yang singkat untuk melakukan pembayaran / transfer.
  5. Sarana Promosi Yang Mudah dan Murah. Setiap kegiatan usaha yang kita buka baik toko konvensional atau online dibutuhkan suatu upaya untuk mempromosikannya. Di toko online yang dipromosikan hanya sebuah alamat website yang dihiasi dengan kata-kata yang menarik agar calon pembeli tergoda untuk mengunjungi blog/website kita. Promosi ini bisa dilakukan dengan cara online atau offline.
  6. Akses Internet Yang Semakin Murah. Saat ini untuk dapat memiliki sambungan internet sudah murah, apalagi dengan banyaknya beberapa operator ponsel yang juga menawarkan akses internet murah. Dan dihari-hari mendatang pastinya akses internet akan semakin murah lagi.

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO