26 April 2009

Tentang Online Bisnis

Bagi para pembaca dan blogger yang belum tahu tentang online bisnis, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu.
Bisnis adalah sebuah usaha atau upaya aktif untuk mendatangkan sebuah keuntungan berupa uang. Tujuannya sudah jelas yaitu untuk mendatangkan uang dari apa yang kita lakukan. Upaya mendatangkan uang tersebut ada berbagai macam cara, baik dengan usaha perdagangan, jasa, jual-beli produk, informasi hingga investasi.
Lalu, apakah yang dimaksud dengan online. Online adalah menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan upaya penjualan atas produk-produk kita. Jadi online bisnis adalah segala upaya yang dilakukan untuk mendatangkan keuntungan berupa uang dengan cara memanfaatkan jaringan internet untuk menjual suatu produk, jasa dan informasi.

Jenis-jenis Bisnis Online
Untuk menentukan bisnis online seperti apa yang akan dijalankan, maka alangkah baiknya mengenal beberapa bentuk bisnis online yang sampai saat ini masih berjalan dan mendatangkan keuntungan bagi pengelolanya, yaitu :
  1. Toko Online, adalah sebuah toko yang menjual berbagai macam produk melalui internet dengan menggunakan website interaktif yang dapat menangani permintaan informasi dari seorang konsumen, sekaligus menangani pesanan. Salah satu toko online terbesar yang saat ini sering menjadi acuan referensi dengan kesuksesan sebuah toko online adalah Amazon.com
  2. Bisnis Affiliate Online, dikenal juga dengan istilah bisnis reseller. Yaitu bisnis dimana seorang konsumen ketika membeli sebuah produk, maka pada saat itu juga langsung mendapatkan hak keanggotaan untuk memasarkan produk yang sama dan akan mendapatkan komisi atas setiap penjualan yang terjadi. Konsep reseller ini perlu dipertimbangkan ketika hendak membuka sebuah bisnis online, karena dengan semakin bertambahnya jumlah member affiliate, maka kita akan semakin banyak tangan untuk melakukan promosi.
  3. Multi Level Marketing Online, sampai saat ini bisnis MLM tetap saja menjadi bahan perdebatan bagi hampir setiap orang. Ada yang mendukung dan sangat antusias ada pula yang antipati dan mengecam, bahkan ada yang menempelkan cap sebagai bisnis menjual mimpi. Namun di Indonesia, bisnis MLM merupakan bisnis yang eksis dan tetap ada.
  4. Money Game Online, Believe it or not, bisnis seperti ini mendapatkan respon yang cukup antusias dari masyarakat, apalagi website money game hanya membutuhkan modal yang kecil. Contohnya : bisnis arisan berantai yang hanya memanfaatkan aliran dana dari member baru yang bergabung. Transaksi yang terjadi hanyalah pemindahan dana dari satu rekening ke rekening yang lain tanpa adanya produk.
  5. Bisnis Web Hosting, adalah bisnis yang menyewakan ruang server untuk menempatkan file website agar dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun. Biasanya sebuah bisnis webhosting tidak harus memiliki server sendiri melainkan bisa menyewa server lain yang lebih besar atau istilahnya menyewa ruang server dari website lain yang memiliki server dalam jumlah besar, kemudian menyewakannya kembali dalam skala ritel.
  6. Bisnis Iklan Baris Online, Saat ini internet merupakan media yang sangat bagus untuk beriklan, karena hampir semua pengguna internet memiliki tujuan untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Contohnya, adalah dengan membuat website iklan baris online. Hal ini sangat menjanjikan untuk mendatangkan keuntungan finansial yang cukup besar jika berhasil mendatangkan kunjungan dalam jumlah besar pada website iklan baris yang dibuat.
  7. Bisnis Berita Online, News merupakan salah satu hal yang paling dicari oleh para pengguna internet. Hal tersebut memunculkan sebuah ide untuk membuat bisnis online yang menyediakan informasi berita terkini. Contoh : detik.com
  8. Bisnis Komunitas Online (Jejaring Sosial), Saat ini begitu banyak website yang menyediakan komunitas online, misalnya facebook, friendster, multiply, yuwie, dll. Website ini dapat diikuti secara gratis oleh semua orang dengan mengisi data yang lengkap. Semakin banyak member yang bergabung, maka akan semakin mudah bagi pihak pengelola untuk mendapatkan iklan.
Sumber : Step by Step Bisnis Online by Joko Salim

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO