15 Agustus 2009

Kunci Sukses Dalam Trading

Di dalam upaya meraih sukses ketika melakukan trading, hal-hal berikut ini bisa dikatakan sebagai salah satu kunci pokok yang harus Anda pahami dan terapkan, yaitu :
  1. Tujuan Anda harus realistis. Yaitu bahwa apa yang menjadi tujuan di ketika melakukan trading harus sesuai dengan kapabilitas Anda. Mungkin saja di saat Anda memulai trading, Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Namun demikian, hal itu bisa jadi bukanlah suatu peristiwa yang realistis. Hal itu bisa terjadi ada di luar kapabilitas Anda saat ini. Bisa dikatakan bahwa Anda sedang mengalami nasib baik. Di dalam aktivitas trading, Anda tidak bisa selalu berharap pada nasib baik, tetapi Anda harus selalu disiplin dan konsisten di dalam menerapkan suatu metode analisis yang rasional.
  2. Tujuan Anda adalah suatu tujuan yang bisa dicapai. Adalah suatu bentuk pengertian yang selaras dengan pengertian tentang tujuan yang realistis, dimana Anda harus menetapkan suatu tujuan yang sekiranya bisa Anda capai sesuai dengan kapabilitas Anda saat itu. Saran yang bisa diberikan untuk Anda adalah mulailah dengan tujuan dengan skala kecil dan baru kemudian melangkah kepada tujuan yang lebih besar yang sesuai dengan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan Anda. Hal ini juga harus selaras dengan meningkatnya kapabilitas Anda.
  3. Tujuan Anda adalah tujuan yang terukur. Banyak trader yang berbuat kesalahan di dalam mengukur tujuan yang ingin dicapai. Memang wajar jika trader ingin meraih keuntungan. Namun demikian sebagai seorang trader, Anda seharusnya bisa mengukur tujuan yang bisa Anda raih bagaimana dan kapan Anda harus keluar dari pasar dan kapan Anda harus masuk dan bertransaksi di pasar itu. Jika hal tersebut tidak Anda pahami dengan baik, maka Anda akan mengalami kesulitn di dalam mengukur tujuan yang ingin Anda capai.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara yang paling mudah untuk menggapai tujuan secara realistis, wajar dan terukur ? jawabannya adalah dengan cara berlatih dan menyerap sebanyak mungkin literatur dan informasi seputar trading. Semakin sering Anda berlatih dan mencatat progress dari hasil latihan Anda, maka Anda akan mendapatkan "peta" diri Anda, sehingga Anda akan dapat membaca kapabilitas Anda di dalam melakukan trading.

Di dalam perjalanan Anda melakukan aktivitas trading Anda akan lebih sering menghadapi situasi yang bisa membuat Anda berada dalam posisi yang menakutkan bagi kelangsungan modal yang Anda investasikan. Terkadang Anda akan merasa bahwa aksi jual atau beli yang Anda lakukan menggambarkan situasi yang berada di luar harapan Anda atau dengan kata lain, Anda seolah berada dalam posisi akan mengalami kerugian. Untuk menghadapi hal tersebut Anda harus memiliki rasa percaya diri, pengetahuan yang cukup, disiplin dan optimis bahwa Anda mampu meraih sukses.

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO