11 Agustus 2009

Fakta Yang Tidak Mengenakkan Dalam Trading

Sebelum Anda membaca artikel ini seterusnya, ada pertanyaan awal yang perlu Anda jawab adalah : "Mengapa Anda ingin mempelajari trading dan ingin mempraktikkannya ?"
  • Apakah karena Anda ingin mendapatkan income tambahan ?
  • Apakah karena Anda ingin mendapatkan penghasilan dari rumah melalui internet dengan melakukan trading online ?
  • Apakah karena Anda merasa bisa memprediksikan perilaku pasar ?
Pertanyaan-pertanyaan di atas perlu dikemukakan karena sudah terlalu banyak trader yang gagal ataupun mendapatkan hasil yang tidak seperti yang mereka harapkan. Hampir semua orang yang mengawali aktivitas trading mendapatkan hal-hal yang membuat mereka merasa frustasi, gagal dan merugi secara finansial.

Ada satu fakta yang sungguh tidak mengenakkan bagi Anda yang mencoba untuk melakukan trading, yaitu bahwa 90% para trader itu mengalami kebangkrutan saat mereka mengawali aktivitas trading mereka. Banyak sumber bahkan mengatakan bahwa 10% dari trader tersebut benar-benar bangkrut.

Mungkin sekarang Anda akan berpikir, buat apa artikel ini ditulis kalau ternyata kenyataan menunjukkan bahwa mayoritas trader mengalami kebangkrutan ketika mereka memulai aktifitas trading ?

Anda akan semakin skeptis jika Anda tahu bahwa ternyata mayoritas trader itu adalah orang-orang yang bisa dikatakan well educated person. Mereka bukanlah orang bodoh dan mereka memiliki motivasi tinggi untuk selalu belajar dan belajar tentang trading. Lalu mengapa mereka tetap saja mengalami kegagalan ?

Jawabannya adalah karena masalah Pembelajaran. Perlu Anda pahami bahwa seseorang tidak hanya belajar analisis teknikal dan membaca grafik pergerakan harga dan kemudian melakukan prediksi atas fenomena yang terjadi di pasar. Hanya dengan berbekal pengetahuan itu saja adalah tidak cukup bagi seseorang untuk mulai melakukan trading. Proses pembelajaran yang Anda lakukan untuk diri Anda sendiri seharusnya meliputi banyak aspek yang sifatnya saling melengkapi satu sama lain. Anda harus melakukan pembelajaran untuk pendekatan psikologis Anda terhadap perilaku pasar, melakukan pembelajaran atas manajemen keuangan Anda pribadi sebelum Anda memutuskan untuk terjun di dunia trading, serta melakukan telaah atas metode trading yang akan Anda lakukan, juga bagamana Anda melakukan strategi entry dan exit yang sesuai dengan diri Anda.

Artikel ini diharapkan akan dapat meberikan kontribusi bagi Anda yang ingin mempelajari tarding. Saya berharap bahwa sebelum Anda memulai aktifitas trading yang sebenarnya, Anda harus sudah memahami berbagai aspek yang ada di dalam aktifitas trading itu, termasuk segala bentuk resiko dan keuntungan yang mungkin akan Anda dapatkan.

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO