14 Agustus 2009

Karakter Trading

Aktivitas trading lebih merupakan seni ketimbang ilmu eksakta. Anda tidak bisa mengharapkan kepastian atas suatu peristiwa di dalam aktivitas trading. Jika Anda melakukan A, Anda tidak bisa memastikan bahwa hasil akhirnya pasti B. Tidak ada formula atau rumusan pasti di dalam aktivitas trading.

Trading adalah bisnis probabilitas. Trading adalah seni untuk menerapkan serangkaian aturan serta metode dan menempatkan suatu probabilitas yang dibatasi dengan hasil analisis ke dalam serangkaian peristiwa/mekanisme pasar untuk meraih sukses.

Hingga saat ini tidak ada satupun individu atau institusi yang bisa menjamin secara kontinyu suatu prediksi yang mereka lakukan atas mekanisme pasar. Dengan kata lain, tidak ada yang bisa menjamin bahwa mereka akan selalu memenangkan tiap trade yang mereka lakukan.

Sebagai gambaran konservatif dapat dilihat pada beberapa perusahaan besar yang menginvestasikan dana mereka ke lantai bursa. Mereka kadang menetapkan angka keuntungan yang cukup konservatif atas investasi mereka di lantai bursa, yang hanya sebesar 18% atau bahkan kurang dari itu, jika Anda menginvestasikan dana Anda untuk melakukan trading. Anda bisa saja meraih sukses, meraih keuntungan yang lebih besar dari angka 18% setiap tahun, jika Anda melakukan prinsip-prinsip trading dengan cara yang benar.

Jadi jangan mudah percaya jika ada orang yang mengatakan kepada Anda, Dia bisa memberikan keuntungan kepada Anda dalam jumlah yang cukup besar dan kontinyu, bahwa dia selalu memenangkan tiap trade yang dia lakukan, bisa terjadi pada propaganda program-program yang dikenal dengan HYIP (High Yield Investment Program). Ingatlah selalu bahwa tidak ada seorangpun di muka bumi ini yang bisa mengontrol dinamika pasar. Satu alasan lagi mengapa seorang gagal meraih sukses di dalam trading adalah kurangnya pengetahuan, disiplin dan konsistensi mereka untuk menerapkan serangkaian aturan dan berbagai metode; juga karena ketidaktahuan mereka bagaimana menjadi seorang trader yang baik.

Cara Anda di dalam melakukan pendekatan pesikologis terhadap pasar juga memegang peran yang sangat penting di dalam meraih sukses. Anda harus memahami kondisi psikologis Anda di saat Anda melakukan aktivitas trading.

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO