26 Juli 2009

Tip Cara Buat Bisnis Informasi

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang bisnis informasi. Saat ini akan kita bahas bagaimana tip-nya membuat bisnis informasi. Mudah-mudahan tip yang akan dijelaskan dibawah ini dapat membantu anda yang ingin memulai bisnis online di bidang informasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai langkah-langkah membuat sebuah produk informasi adalah sebagai berikut :
  1. Tawarkan Sebuah Solusi. Karakter pengunjung internet dengan karakter pengunjung toko buku sedikit berbeda. Para pengunjung toko buku biasanya mencari informasi terkini berkaitan dengan bidang minatnya, misalnya pemasaran atau komputer. Hanya sebagian kecil saja dari mereka yang memikirkan tentang manfaat dari buku yang sudah dibelinya.
  2. Tulislah Pengalaman. Para pengguna internet adalah orang-orang yang relatif lebih maju dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa menggunakan internet. Mereka semua tidak suka dibohongi atau mendapatkan informasi yang belum terbukti kebenarannya. Produk informasi yang hendak dijual harus mengandung unsur kebenaran. Salah satu cara untuk membuktikan kebenarannya adalah dengan cara melakukannya terlebih dahulu, sehingga informasi yang kita jual tersebut bersifat pengalaman nyata.
  3. Gunakan Gaya Bahasa Bercakap. Setelah kita menentukan hal apa yang akan menjadi tema dan bahasan dari produk informasi kita, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan ide dan langkah-langkah praktis tersebut menjadi sebuah informasi yang mudah dibaca oleh siapapun. Salah satu tip yang paling dianjurkan bagi kita untuk membuat sebuah produk informasi adalah dengan menuliskan kalimat demi kalimat dengan gaya bahasa percakapan. Bayangkan saja kita sedang berhadapan dengam seseorang dan sedang bercakap-cakap dengan orang tersebut. Kata-kata yang keluar ketika sedang berbicara harus segera kita tuliskan.
  4. Sederhanakan Kalimat. Ada baiknya kita selalu menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang familiar sehari-hari, serta menghindari kata-kata yang muluk-muluk atau menunjukkan level pendidikan tinggi yang kita miliki. Ingat bahwa para pengunjung website kita terdiri dari begitu banyak kelompok yang berbeda-beda. Kita harus bisa berkomunikasi dengan mereka semua.
  5. Gunakan Variasi Visual. Dalam membuat produk informasi yang akan disajikan dalam bentuk e-book dan dijual melalui internet, tidak ada aturan baku yang menentukan jumlah halaman minimal dari informasi tersebut ataupun format-format penulisan khusus. Ini berbeda dengan ketika Anda membaca buku yang berisi penuh dengan tulisan.
  6. Atasi Hambatan Dengan Cerdas. Bagi yang belum terbiasa untuk menuangkan sebuah pemikiran dalam bentuk tulisan, biasanya akan mengalami kendala ketika hendak mulai menulis. Kendala yang paling banyak dihadapi adalah tidak mengetahui bagaimana harus memulai dan ketika mulai menuliskan sesuatu pemikirannya ternyata hasilnya hanya beberapa baris saja.

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO