07 Juli 2009

Apa Itu Viral Marketing ? (bag.1)

Istilah Viral marketing masih merupakan istilah yang cukup asing saat ini, namun telah ada begitu banyak toko online yang memanfaatkan kehebatan viral marketing dalam melakukan upaya promosi. Viral marketing dapat digambarkan sebagai sebuah pesan berantai yang disebarkan terus-menerus oleh semua orang.

Misalnya, ketika kita mendapatkan sebuah gambar digital yang lucu dalam bentuk file .gif melalui e-mail dari seseorang yang dikenal. Ketika kita melihat gambar tersebut, kita tertawa karena kelucuan gambar tersebut. Namun setelah itu apa yang kita lakukan ? biasanya sebagian besar orang akan mengirimkannya kembali kepada rekan mereka melalui e-mail. Dan mereka biasanya akan mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus.

Ketika e-mail tersebut sampai ke rekan kita, maka dia akan membacanya, lalu tertawa, kemudian meneruskannya kembali ke rekan lainnya, dimana rekan tersebut sudah bukan orang yang kita kenal lagi. Demikian seterusnya, hal itu terjadi berulang-ulang, sehingga satu gambar lucu tersebut dengan cepat akan tersebar di internet. Ketika hal tersebut terjadi, maka siapa pun sudah tidak dapat menghentikan tersebarnya e-mail tersebut. Konsep inilah merupakan cikal bakal terjadinya viral marketing.

Jadi viral marketing merupakan upaya promosi yang memanfaatkan berita dari mulut ke mulut yang diterapkan melalui media e-mail. Jika proses viral marketing berjalan sukses dan benar, maka hanya pengiriman sebuah e-mail ke-10 orang saja akan membuat iklan kita tersebar ke seluruh pengguna e-mail, meskipun setiap kasus memiliki peluang dan kelemahan masing-masing.

Bersambung....

Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO