02 Maret 2009

Mengenal Online Payment

Online payment sangat penting perannya untuk anda yang menghasilkan uang dari internet, karena akan mempermudah proses transaksi keuangan yang dilakukan. Selain itu, untuk menghindari pemakaian kartu kredit di internet karena dirasa kurang aman, atau yang melibatkan bank konvensional karena membutuhkan waktu yang lama. Online payment bisa diibaratkan sebagai bank yang ada di internet, jadi sama halnya dengan bank di dunia nyata bisa menerima uang dari pihak lain (receive money) dan mengambil uang (withdraw).
Dengan adanya online payment bisa digunakan sebagai alay atau mata uang digital yang sah dan diterima dalam bertransaksi. Di sini tidak akan dijelaskan semua online payment yang ada, hanya berfokus dengan sistem yang paling sering digunakan dalam melakukan transaksi, yaitu PayPal, AlertPay dan E-Gold.

PayPal
Saat ini baru PayPal yang menerima Indonesia sebagai member-nya sejak September 2007, sehingga member dari Indonesia selain bisa mengirim dana, juga bisa menerima uang tersebut untuk dirupiahkan bahkan langsung di bank lokal Indonesia.
Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar di PayPal :
  1. Buka situs PayPal, di alamat https://www.paypal.com.
  2. Klik Sign up untuk melakukan pendaftaran.
  3. Sekarang pilih jenis account yang anda inginkan. Untuk pertama pilih Personal saja, karena urusannya akan lebih mudah dan account ini bisa di upgrade sewaktu-waktu. Selanjutnya,klik tombol Get Started.
  4. Sekarang isi data Anda pada formulir yang disediakan. Ingat, e-mail yang Anda berika akan menjadi account Anda pada PayPal. Jadi kalau Anda punya beberapa e-mail harap pilih yang baik. Setelah selesai, klik tombol I agree, create my account.
  5. Sekarang masukkan data kartu kredit Anda, dan klik tombol Continue. Apabila tidak ada masalah, maka proses pembuatan account PayPal telah berhasil Anda lakukan. Bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit, Anda bisa mengklik link Go to My Account. Karena informasi mengenai kartu kredit ini bisa Anda isikan nanti. Sampai di sini, Anda telah berhasil membuat account untuk paypal. Hanya saja, status yang Anda miliki saat ini adalah Unverified. Untuk menjadi Verified, Anda harus memasukkan kartu kredit anda. Selain itu harus mengaktifkan verifikasi e-mail yang dikirim PayPal. Walaupun status Anda Unverified, Anda tetap bisa menerima uang. Hanya saja Anda tidak bisa menarik uang tersebut sebelum terverifikasi. Sekarang Anda bisa menggunakan PayPal untuk menerima komisi dari internet.
AlertPay
AlerPay sebenarnya hampir sama dengan dengan PayPal, hanya saja dimiliki oleh perusahaan yang berbeda. Alertpay didirikan pada tahun 2004 dengan berkedudukan kantor di Montreal Canada. Jika sebelumnya Anda sudah membuka rekening bank di internet Anda juga bisa membuka melalui AlertPay. Fungsinya sama dengan seperti tabungan biasa, Anda bisa menambah uang (menabung), melakukan transfer atau menerima transfer termasuk pula mengambil uang anda tersebut. Saat ini AlertPay banyak digunakan selain PayPal. Kebanyakan toko-toko online di internet, sudah men-support ALertPay ini sebagai alat transaksi.

AlertPay memiliki beberapa jenis rekening :
  • Personal Account, bisa digunakan untuk mengirim atau menerima uang serta untuk melakukan pembelian secara online. Rekening Personal Account mempunyai batasan maksimal penerimaan uang dalam sebulan adalah $400, sedangkan maksimal penerimaan dalam setahun secara kumulatif adalah $2000.
  • Premium Account, tidak memberikan batas maksimal transaksi. Jadi, Premium Account sangat direkomendasikan bagi para pelaku bisnis online yang aktif. Setiap transaksi dikenakan biaya 2.5% + $0,25 per transaksi.
  • Secured Account, pada dasarnya sama saja tapi biasanya rekening jenis ini digunakan untuk bisnis multi level.
Cara melakukan pendaftaran pada AlertPay adalah :
  1. Siapkan KTP dan tagihan apa saja yang alamatnya sama dengan KTP, bisa tagihan kartu kredit, telepon, atau tagihan listrik.
  2. Buka situs AlertPay di alamat https://www.alertpay.com, lalu klik Sign Up Now.
  3. Pilih negara dan jenis rekening. Di sini saya mendaftar untuk Personal Account. Jika sudah, klik Next.
  4. Selanjutnya, isi data pribadi Anda sesuai KTP, lalu klik Next.
  5. Selanjutnya, isi informasi mengenai account AlertPay.
  6. Periksa e-mail Anda untuk melakukan verifikasi.
  7. Pada e-mail, klik link yang diberikan untuk mengaktifkan keanggotaan.
  8. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah Login dengan password yang anda daftarkan, masukkan passwordnya lalu klik Log In.
  9. Sekarang Anda telah berada dalam halaman member ALertPay, status Anda masih belum terverifikasi.
Tugas Anda berikutnya adalah verifikasi alamat ANda. Caranya adalah dengan mengirimkan (upload) hasil scan dari ID Anda, seperti KTP, SIM atau paspor. Kirimkan juga hasil scan bukti alamat, seperti tagihan kartu kredit, tagihan telepon atau yang lainnya. Proses verifikasi akan memakan waktu satu minggu. Namun, Anda tetap dapat menggunakan rekening AlertPay Anda tersebut.
Anda bisa melakukan proses verifikasi dengan mengupload data yang diminta dengan mengkilik Become AlertPay Verified. Selanjutnya upload semua dokumen yang diminta.





Recent Post

About Me

Foto saya
Dosen di Universitas Suryadarma

Online Bisnis For You © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO